UNSA Wisudakan 800 Mahasiswa Angkatan ke 12

Sumbawa, PSnews – Universitas Samawa (UNSA) mewisudakan sebanyak 800 mahasiswa angkatan ke 12, sekaligus merayakan hari ulang tahun ke 17, Selasa (29/12/2015). Rektor UNSA, Prof. Dr. Ir. Syaifuddin Iskandar, memimpin langsung prosesi wisuda yang dipusatkan di auditorium Sri Bonyo, UNSA.

Rektor UNSA, dalam sambutannya menerangkan, wisuda angkatan ke 12 tersebut sekaligus merayakan hari ulang tahun UNSA yang ke 17. Berkaitan dengan hari jadi Unsa ini, sebenarnya tiap tahunnya dirayakan setiap tanggal 29 Desember. Berdasarkan tanggal keluarnya izin resmi UNSA pada tanggal 29 Desember tahun 1998.

Wisuda UNSA..Dalam usia UNSA yang ke 17 tahun ini, dalam perjalanannya tahun demi tahun UNSA terus mengalami perkembangan yang cukup membanggakan, baik dalam pengembangan fisik kampus, sarana dan prasarana, kualifikasi tenaga dosen. Dalam jumlah mahasiswa maupun dalam prestasi akademik lainnya, selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Rektor memaparkan, dari 5 Fakultas dan 14 Program Studi yang ada, jumlah mahasiswa hingga tahun akademik 2015 ini total seluruhnya berjumlah = 4.717 orang. Jumlah alumni, termasuk dengan yang diwisuda hari ini berjumlah = 5424orang.

Jumlah Dosen tetap = 87 orang. Dosen tidak tetap = 24 orang. Semua dosen tetap sudah bergelar Master/Doktor (S2/S3) dan target tahun 2017 untuk dosen yang masih S2 harus bersiap-siap menempuh S3 sehingga pada tahun 2022 semua dosen tetap Unsa sudah menempuh/bergelar Doktor dan beberapa Profesor.

Perkembangan jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun mengalami peningkatan rata-rata 5-10%. Kondisi ini cukup membuat kami para pengelola kewalahan, sementara daya tampung kampus yang ada sekarang ini terasa semakin sempit dan tidak mencukupi lagi.

“Menyadari kondisi tersebut, kami para pengelola berupaya mengembangkan lahan kampus yang ada dengan membeli lahan kampus baru di wilayah Desa Jorok di Bukit Biling Monte seluas +30 ha,” terang Rektor.

Wisuda UNSA 2015Pengembangan dan pembangunan kampus baru UNSA ini lanjutnya, juga dihajatkan untuk persiapan UNSA menjadi Unuiversitas Negeri di Pulau Sumbawa. Persiapan penegerian UNSA ini sudah kami lakukan sejak tahun 2010 sepulang dari studi banding ke UBB Bangka Belitung. Usul bahan penegerian Unsa ini telah kami ajukan ke Kemendikbud RI pada tahun 2012 yang lalu, yang diterima langsung oleh Dirjen Dikti dan Mendikbud.

Hasil beberapa kali konsultasi dengan pihak Kemendikbud dan terakhir dengan Menrsitekdikti tersebut, diperoleh jawaban bahwa pada prinsipnya UNSA secara politis dan geografis “SUDAH LAYAK” menjadi Perguruan Tinggi Negeri. Seperti beberapa PTS di beberapa Daerah yang telah diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri. Namun niat baik ini tiba-tiba terkendala dengan keluarnya peraturan Moratorium PTN dari Kemenristekdikti di awal tahun 2015 yang lalu. Terkait dengan upacara wisuda, Rektor menyampaikan, dari jumlah 800 orang mahasiswa yang diwisuda tersebut, 96 orang yang lulus dengan predikat Coumlaude (Pujian).

Untuk yang lulusan terbaik 1 s.d. 3 dari masing-masing Program Studi, nanti akan diberikan bonus oleh bank sponsor.

“Kepada semua wisudawan beserta seluruh keluarga/ pendamping, saya ucapkan selamat atas keberhasilan yang telah saudara capai. Semoga saudara dapat berkiprah dan mengamalkan ilmu saudara sesuai dengan keahlian saudara masing-masing. Saya atas nama lembaga,hari ini saya hibahkan dan menyerahkansaudara-saudara ke lingkungan kerja saudara masing-masing, kepada dunia kerja yang membutuhkan keahlian saudara serta kepada orang tua/ keluargasaudara. Semoga saudara dapat berkarya lebih baik dari keadaan sebelum saudara menjadi Sarjana,” paparnya.

Ia berpesan agar para alumni UNSA menjaga nama baik almamater, memelihara sikap dan perilaku yang “Sarjana dan Sujana”, hindari perbuatan-perbuatan tercela yang bisa merusak citra diri saudara maupun almamater secara keseluruhan.

Gunakan ilmu untuk kepentingan kemaslahatan dan kemajuan bangsa, jadilah “agent of change” di mana saudara berada, supaya ilmu dan kesarjanaan saudara itu memiliki arti bagi lingkungan masyarakat dan pembangunan bangsa. (PSb)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment