Drama Kolosal ‘Sapugara’ Meriahkan HUT ke 70

Sumbawa, PSnews – Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 Pemerintah Kabupaten Sumbawa menyelenggarakan rangkaian prosesi upacara. Prosesi dimulai dari renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kabupaten Sumbawa pada 17 Agustus 2015 tepat pukul 00.00 Wita, pemberian remisi bagi 174 orang Narapidana di Lapas Sumbawa, upacara peringatan HUT RI ke-70 di halaman SMAN 1 Sumbawa Besar, Upacara Peringatan Detik–detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, serta Malam Tasyakuran di Lapangan Pahlawan Sumbawa.

Drama kolosal 'Sapugara'
Drama kolosal ‘Sapugara’

Upacara Peringatan detik–detik Proklamasi pukul 10.00 Wita berlangsung sangat khidmat. Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik didampingi Ny Dra Hj Rahmah Jamaluddin Malik memimpin langsung upacara tersebut. Turut hadir Pimpinan Forkopimda, Artis Ibukota Ratna Listy yang terlihat anggun mengenakan pakaian adat Samawa, anggota DPRD, Kepala SKPD, mantan bupati, mantan wakil gubernur, dan tokoh serta sesepuh masyarakat. Tampak paduan suara dari SMA Negeri 1 Sumbawa yang membawakan lagu kebangsaan serta lagu dari berbagai daerah di antaranya Sumbawa dan Aceh.

Di akhir upacara peringatan detik–detik proklamasi, digelar pertunjukan drama kolosal persembahan Kodim 1607 Sumbawa berjudul “Sapugara” yang dibawakan dengan apik oleh siswa/siswi SMA Negeri 3 Sumbawa. Drama ini menggambarkan bagaimana perjuangan Undru—pahlawan Sumbawa yang memimpin dan berjuang melawan penjajah dengan mengorbankan air mata dan darah.

Turut serta dalam undangan VIP, Pimpinan Forkopimda Kabupaten Sumbawa, serta Artis ibu kota Ratna Listy yang sangat anggun dengan pakaian adat Sumbawa. Pasukan pengibar bendera Kabupaten Sumbawa juga telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik.

Di belakang para tamu undangan, berdiri paduan suara dari SMA Negeri 1 Sumbawa yang membawakan lagu kebangsaan serta lagu dari berbagai daerah diantaranya lagu Sumbawa, lagu dari Aceh, dan lain sebagainya. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *