Wisata Sumbawa : Pantai Ai Manis (Beach Ai Manis)

Obyek wisata ini terletak di daratan pulau Moyo Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pantai ini terdiri dari hamparan pasir putih dan pemandangan bawah laut dengan terumbu karang dan tropikal fish-nya yang menawan serta hutan tropis yang ada di sekitarnya  menjadikan Ai Manis sangat cocok bagi kegiatan camping, snorkling, dan sebagainya. Dari Ai Manis dapat disaksikan tenggelamnya Matahari (Sunset).  Jalan-jalan di hutan tropis sekitar Ai Manis akan tersaji secara alami berbagai jenis flora dan fauna seperti rusa, sapi liar, babi hutan, burung koak kao, kakak tua dan burung gosong yang dilindungi. Tidak jauh dari Ai Manis terdapat gua kelelawar.
Pantai Ai Manis terletak di sebelah Selatan daratan Pulau Moyo. Untuk menuju ke sana, ada beberapa akses pemberangkatan, diantaranya  melalui Labuhan Sumbawa, Tanjung pasir, pantai Kencana maupun Ai Bari Kecamatan Moyo Utara.
Jika berangkat dari Tanjung pasir memerlukan waktu normal sekitar 20 menit dengan menggunakan kapal motor, sedangkan dari pantai Kencana atau Labuhan Sumbawa memerlukan waktu sekitar 60 menit. Namun jika anda ingin lebih berhemat, anda bisa berangkat dari Ai Bari Kecamatan Moyo Utara sekitar 2 km sebelah Utara kota Sumbawa Besar.
Sebelumnya jika anda berada di Sumbawa Besar, anda dapat menuju Ai Bari dengan berbagai alternatif transportasi, baik itu menggunakan ojek ataupun dengan menyewa mobil.

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *