Pendalaman Ranperda APBD 2022, DPRD Kota Mataram Kunker ke DPRD Kabupaten Sumbawa

Sumbawa, pulausumbawanews.net – DPRD Kabupaten Sumbawa menerima Kunjungan kerja (kunker) Anggota DPRD Kota Mataram, Rabu, (8/12/2021). Para legislator dari Kota Mataram yang datang ke Sumbawa tersebut terdiri dari Ketua Tim Amri Rahman dari Fraksi Gerindra, didampingi oleh 6 (Enam) orang anggota yakni Shinta Primasari, ST (Demokrat), I Gusti Nyoman Agung Sugantha, ST (Berkarya), Irawan Aprianto (PKS), Ahmad Azhari Gufron, S,Si (PAN), I Nyoman Yogantara (PDIP).

Rombongan diterima oleh Anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sumbawa Adizul Syahabuddin, SP.,M.Si bersama Bunardi AMd.Pi, dan Edy Syarifuddin yang di dampingi oleh Sekretaris Dewan Ir. A Yani dan Staf, yang bertempat di Ruang Rapat Pimpinan DPRD Kabupaten Sumbawa.

Amri Rahman menyampaikan bahwa tujuan kedatangannya yaitu berkaitan dengan Penyusunan APBD 2022 yang tinggal menunggu Evaluasi dan Penetapan. “Adapun yang ingin kami konsultasikan kepada rekan-rekan kami di DPRD Kabupaten Sumbawa adalah meminta penjelasan mengenai sejauh mana hasil dari pembahasan APBD 2022 di Kabupaten Sumbawa ini” beber Politisi Gerindra ini.

Adizul Syahabuddin, SP.,M.Si selaku Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa yang menerima menjawab harapan rekan Anggota DPRD Kota Mataram.

Sebelumnya ada hal menarik dalam penerimaan kunjungan kerja tersebut yakni ada sebait pantun yang disampaikan oleh AZ (baca Azed _red) yang berbunyi “Siang hari suhunya hangat
Para rombongan memakai batik
Suasana hatiku senang banget
Karena yang datang ganteng dan cantik
“.

Kontan para audiens tersenyum lebar dan suasananya pun cair.

Kemudian lanjut AZ “Apabila kita berbicara mengenai Postur APBD Kabupaten Sumbawa, bahwa capaian makro atas penyusunan RAPBD tahun anggaran 2022 berubah dari Asumsi KUA PPAS 2022, asumsi yang ditetapkan diawal karena ada perubahan di penerimaan Dana Alokasi Umum (DAU) yang sedianya kita asumsikan meningkat malah berkurang dan bertambah bebannya untuk pembayaran Gaji dan tunjangan CPNS dan honor tenaga P3K. Atas hal ini berdampak pada pembiayaan program lainnya karena pendapatan Asli Daerah Kita tidak bertambah signifikan untuk menutupi beban belanja mandatori tersebut” Beber AZ

” Rasionalisasi secara signifikan juga dilakukan untuk program prioritas sebagai program unggulan kepala Daerah, dan juga Pokir DPRD. Imbuh Adizul Politisi dari PKS ini.

Dalam pembahasan Badan Anggaran bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah juga cukup alot, karena Pokir berkurang dari asumsi KUA PPAS. Tapi Alhamdulillah semuanya dapat menemui titik temu dan kesepakatan”. Urai AZ

“Jadi, banyak hal- hal baru yang kita bahas dalam Ranperda APBD Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2022 dan kemudian pada hari Selasa kemarin tanggal 7 Desember 2021, Kabupaten Sumbawa mendapat kesempatan pertama untuk dilakukan evaluasi oleh Tim Evaluasi Gubernur Provinsi NTB terkait APBD Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2022. Alhamdulillah ada Pimpinan Banggar yang mengikuti rapat Evaluasi tersebut, saat ini masih dalam perjalanan pulang sehingga penyampaian informasi terkait denga hasil evaluasi itu belum kami terima. Tutup AZ

Atas penjelasan tersebut Ketua Rombongan Amri Rahman menimpali.

“Apa yang dialami rekan-rekan DPRD Kabupaten Sumbawa sama halnya dengan apa yang kami lalui kemarin. Bahwa pembahasan APBD 2022 kami rasa belum maksimal, karena apa yang kami sepakati dari awal ternyata berubah juga. Akan tetapi kami DPRD Kota Mataram tetap bertahan. Kami mencoba membahas Anggaran setelah selesai Paripurna pertama dengan agenda Penjelasan Walikota, Kami membawa kesidang Komisi dewan dan membahasnya bersama Organisasi Perangkat Daerah sebagai mitra kerja, setelah itu kami bawa ke rapat internal DPRD dan tahap akhirnya Badan Anggaran rapat bersama TAPD untuk memaksa Ketua TAPD untuk mencari sumber lain walaupun tidak bisa 100% setidaknya 90%, pungkasnya.

Diakhir kunjungan kerja tersebut kedua belah pihak bertukar cindera mata sebagai tali asih dan Kenang kenangan.

Tampak hadir juga dari sekretariat DPRD I Made Patrya, AP selaku Kabag Fasilitasi Anggaran, Sahabuddin, SH selaku Kabag Risalah dan Perundang-undangan bersama staf Andy Tri Haryanti, SH, dan Darmawansyah, SH serta Humas DPRD Kabupaten Sumbawa. (PSmakruf)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *