Susun RKPD Tahun 2022, Pemkab Sumbawa Gelar Musrenbang

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Kabupaten (pemkab) Sumbawa menggelar Musrenbang dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Sumbawa Tahun 2022, pada Selasa (30/3) di ruang rapat Hasan Usman lantai 1 kantor Bupati Sumbawa.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Sumbawa – Muhammad Husni menjelaskan, tujuan Musrenbang Kabupaten ini untuk menyepakati rencana kegiatan pembangunan yang menjadi prioritas pembangunan di lingkup kabupaten, yang nantinya akan tertuang dalam RKPD. Digelarnya Musrenbang juga untuk mempertajam indikator serta target kinerja program serta lokasi kegiatan, sesuai dengan tugas dan fungsi setiap perangkat daerah nantinya. ‘’Untuk itu, dibutuhkan komitmen dari setiap perangkat daerah agar apa yang direncanakan dapat dicapai,’’ tuturnya.

Berkenaan dengan tema pembangunan Kabupaten Sumbawa Tahun 2022, yakni “Peningkatan Daya Saing Daerah Melalui Pemantapan Pelayanan Dasar, Penguatan Ekonomi Lokal Dan Pengembangan Inovasi”, Husni menyampaikan 6 fokus penjabaran dari tema tersebut yaitu Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing dan pelayanan dasar, peningkatan ekonomi melalui pengembangan produk unggulan daerah dan ekonomi kreatif, reformasi birokrasi dan pelayanan publik, mewujudkan masyarakat sumbawa yang beriman, aman dan berbudaya, pengembangan infrastruktur wilayah dan konektivitas wilayah, dan pengelolaan lingkungan hidup, perubahan iklim dan mitigasi bencana.

Untuk mencapai target-target tersebut, pihaknya menekankan kepada seluruh perangkat daerah untuk lebih proaktif menjajaki peluang pembiayaan pembangunan dari sumber selain APBD, termasuk dengan menjalin komunikasi dan penyampaian usulan kepada Kementerian dan Pemerintah Provinsi, baik dana APBN, tugas pembantuan, dekonsentrasi ataupun APBD Provinsi sesuai dengan prioritas pembangunan daerah yang sinergi dengan prioritas pembangunan provinsi maupun nasional. 

Sementara Kepala Bappeda Provinsi NTB H Amri Rahman memaparkan program pembangunan daerah Provinsi NTB di Kabupaten Sumbawa Tahun 2022. Disebutkan, terdapat 3 fokus poin rencana pembangunan Provinsi NTB di Kabupaten Sumbawa, yakni  pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang berada di wilayah Kecamatan Alas Barat, Alas dan Buer, pengembangan wilayah selatan Kabupaten Sumbawa yakni Kecamatan Lunyuk dan Kecamatan Labangka, serta pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Teluk Santong sebagai bagian yang tak terpisahkan dari pengembangan Samota.

Selain Penjabat Bupati Sumbawa, hadir dalam kegiatan tersebut Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa terpilih, Ketua DPRD Sumbawa, Anggota Forkopimda Sumbawa, para Staf Ahli Bupati, dan para Asisten Sekda. Sementara Kepala Bappeda Provinsi NTB dan para Pimpinan OPD Kabupaten Sumbawa mengikuti acara secara virtual. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment