Menurun Target Serapan Bulog Sumbawa Tahun 2021

Sumbawa, PSnews – Terjadi penurunan target serapan beras untuk tahun 2021 ini dari Perum Bulog Sub Divre Sumbawa. Dimana pada tahun 2020 lalu, target serapan beras sebanyak 19.487 ton, sementara tahun ini berkurang menjadi 17.667 ton.

Pimpinan Cabang Perum Bulog Sumbawa – Kurnia Rahmawati menjelaskan, turunnya target ini agar stok di semua gudang milik Bulog selalu dalam keadaan fresh. ‘’Turun karena kita lebih kepada menagement stok. Untuk itu pengadaan tidak terlalu banyak, kita sesuaikan dengan penyalurannya. Jadi tidak hanya menumpuk stok saja tapi harus melihat penyalurannya agar menjaga stok tatap fresh,’’ terangnya kepada wartawan.

Untuk mencapai serapan tersebut, pihaknya berharap agar penyaluran pada awal tahun ini bisa dilakukan dengan maksimal. Sehingga tidak ada permasalahan ruang di gudang yang selama ini menjadi salah satu hambatan pengadaan. 

Terhadap harga, pihaknya mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) RI Tahun 2020 tentang Penetapan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) untuk Gabah atau Beras. ‘’Harga kita masih mengacu kepada Permendag yang kemarin, Rp 8.300 perkilogram untuk beras, dan gabah Rp 5.300 perkilogram,’’ tuturnya.

Ditambahkan, saat ini stok beras di seluruh gudang milik Bulog Sumbawa sebanyak 8.500 ton. Jumlah tersebut bisa mencukupi kebutuhan beras untuk Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat hingga 14 bulan ke dapan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *