Kapolres Sumbawa : Jika Pengawas Pilkada Tidak Netral, Akan Berimbas pada Kamtibnas

Sumbawa, PSnews – Netralitas dalam pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sangat berpengaruh terhadap kondusifitas daerah. Demikian disampaikan Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra, S.IK., saat mengikuti deklarasi Patroli Pengawasan masa tenang Pilkada tahun 2020, Minggu (06/12/2020) siang di Kantor Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Jl. DR. Cipto Kelurahan Seketeng Kecamatan Sumbawa.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 1607/Sumbawa diwakili oleh Kasdim, Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, Ketua Bawaslu dan anggota Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Kasat Pol PP serta perwakilan Kesbangpoldagri.

Pada kesempatan itu Kapolres mengajak semua pihak untuk mengawal jalannya masa tenang. Menurutnya, hal ini penting untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran dalam bentuk pemberian barang atau uang yang termasuk dalam kategori Money Politik maupun pelanggaran lain.

Orang nomor satu di Polres Sumbawa ini mengingatkan tentang tugas pokok pengawasan akan menjadi vital jika tidak dilakukan dengan menjaga netralitas.

Walaupun Panwascam memiliki hak suara kata Kapolres, namun dalam pelaksanaan tugas harus tetap Netral. Ia menekankan, bila Panwascam tidak menjaga netralitas dalam pengawasan Pilkada, maka akan berimbas kepada situasi Kamtibmas di Kabupaten Sumbawa. “Jika teman-teman Pengawas belum memahami tugas pokok dan apa yang harus diawasi agar melakukan Koordinasi dengan Ketua Bawaslu untuk persamaan persepsi visi dan misi dalam pelaksanaan Pengawasan, agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari yang berimbas kepada situasi Kamtibmas. Tetap semangat dalam bertugas dan kami siap memback up jika terjadi suatu permasalahan,” tandasnya. (PSp)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *