Hasan Basri Resmi Menjabat Sekda Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Drs. H Hasan Basri MM akhirnya resmi mengisi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa melalui acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrasi Lingkungan Pemkab Sumbawa di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (27/8/2019). Sebelumnya, Haji Bas sapaan akrab Drs H Hasan Basri MM, memegang jabatan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan mengikuti seleksi bersama empat Aparat Sipil Negara (ASN) lainnya. Dari hasil seleksi, Haji Bas berhasil meraih nilai tertinggi.

(Dari kiri) Hasan Basri, Sahabuddin dan Bupati Sumbawa M Husni Djibril

Selain melantik Hasan Basri, para pejabat struktural lainnya yang dilantik, yakni : Sahabuddin, S.Sos., M.Si. sebagai Kasat Polisi Pamong Praja, Ir. Irin Wahyu Indarni sebagai Kadis Perpustakaan dan Arsip, Zainal Arifin, S.Pt., M.Si menduduki jabatan baru sebagai Sekdis Pemadam Kebakaran, Usman, SE., ME sebagai Kabag Pembangunan. Rosmin Junaidi, S.Pt., M.Si menjabat sebagai Sekdis Pertanian dan Ir. Armawan Jaya sebagai Inspektur Pembantu Wilayah I pada Inspektorat.

Di tingkat Camat, Lukmanuddin, S.Sos digeser menjadi Camat Rhee dan digantikan oleh Drs. Heri Heryanto Diaz sebagai Camat Maronge. Sementara Hartono, S.Sos dipercayakan sebagai Camat Moyo Hilir, menggantikan M. Lutfi Makki, S.Pd., M.Si yang digeser menjadi Camat Alas.

Pada kesempatan itu, Bupati Sumbawa HM Husni Djibril mengatakan, penetapan seseorang pada suatu jabatan tertentu sejatinya merupakan wujud kepercayaan dan pengakuan, terhadap kredibilitas seseorang untuk menduduki jabatan tersebut. Kepercayaan dan pengakuan tersebut menurut Bupati, merupakan suatu kehormatan yang mengandung kewajiban, tugas dan tanggungjawab, sehingga harus ditunaikan dan dilaksanakan. “Ada mekanisme baru dalam proses penetapan jabatan (Sekda) tersebut, dimana merujuk pada undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, antara lain mengamanatkan bahwa untuk pengisian jabatan Sekretaris Daerah / pimpinan tinggi pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan ASN dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yang dilakukan secara terbuka dan kompetitif pada tingkat Nasional atau antar Kabupaten/Kota dalam satu Provinsi,’’ terangnya.  

Untuk itu, sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 13 tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah, Bupati selaku pembina kepegawaian berkoordinasi dengan unsur terkait, membentuk panitia seleksi. Panitia seleksi tersebut selanjutnya melaksanakan tugasnya mulai dari pengumuman seleksi hingga pada memberikan rekomendasi terhadap calon Sekretaris Daerah yang memenuhi syarat sesuai peraturan yang berlaku. “Alhamdulillah berkat kerjasama dan kerja keras dari panitia seleksi dan seluruh pihak, akhirnya pada hari ini, Kabupaten Sumbawa kembali memiliki seorang sekretaris daerah definitif. Dalam kaitan itu, saya atas nama pribadi dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sumbawa menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia seleksi yang telah melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik,’’ paparnya.

Bupati mengajak seluruh pimpinan OPD untuk terus bersinergi dan berkoordinasi yang lebih produktif antar seluruh perangkat daerah. Bupati juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada H Muhammad Ikhsan yang telah menjalankan tugas dengan sangat baik, sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, kurun waktu 11 Juni sampai dengan 28 Agustus 2019. “Selamat bekerja dan berkarya, selamat memberikan pengabdian terbaik bagi daerah, bangsa dan negara tercinta,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment