Haji Bas : Saya Akan Berusaha Semaksimal Mungkin untuk Melaksanakan Tugas

Sumbawa, PSnews – Drs H Hasan Basri MM akhirnya ditetapkan sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa. Pejabat sederhana dan murah senyum yang akrab dipanggil Haji Bas ini dilantik Rabu (28/8/2019) di Aula H. Madelaue ADT, Lantai III Kantor Bupati Sumbawa bersaama sejumlah pejabat lain. Sebelumnya dia sempat memimpin beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD, antara lain pernah menjadi Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Kepala Inspetorat dan Kepala Bapenda Kabupaten Sumbawa. Kemudian dengan pengalamannya memimpin beberapa OPD, Haji Bas mengikuti seleksi untuk posisi jabatan Sekda yang sedang lowong ditinggal pensiun oleh Drs H Rasyidi. Dari 5 pejabat yang ikut seleksi, ternyata Haji Bas berhasil meraih nilai tertinggi. Atas dasar itu, kemudian Bupati Sumbawa HM Husni Djibril memberinya amanah untuk diangkat menjadi Sekda Sumbawa.

Ditemui wartawan media ini usai pelantikan, Haji Bas berterimakasih kepada atas kepercayaan yang telah diberikan. Ia menyatakan akan berusaha semaksimal mungkin dalam melaksanakan tugas yang diberikan, selama menjabat sebagai Sekda Sumbawa. “Pertama saya berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Selaku Sekda saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan tugas,’’ tuturnya.

Dijelaskan, tugas Sekda adalah membantu Bupati dan Wakil Bupati dalam mewujudkan visi misi membangun daerah. Untuk itu, dirinya akan bekerja berkoordinasi dan bersinergi dengan semua OPD yang ada, guna mewujudkan visi misi dimaksud. “Juga kita berharap nanti, karena tugas Sekda itu adalah pengawasan. Jadi bagaimana berkordinasi dengan semua OPD ini, bagaimana pelaksanaan pembangunan pemerintahan itu bisa berjalan dengan baik dan efisien,’’ tandasnya.

Selain itu, sambung Haji Bas, Sekda juga memiliki tugas sebagai Ketua TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah). Untuk itu harus mampu menggali potensi-potensi daerah dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sekaligus bagaimana pembelajaan daerah digunakan secara efektif dan efisien. “Karena ukuran pemerintahan itu disamping opini BPK, WTP itu, juga sekaligus LAKIPnya. Sekarang ini LAKIP kita masih B. Kedepan kita berharap minimal BB,’’ ujarnya.

Ia berharap, kedepan apa yang disampaikan ini jauh lebih bagus, sehingga pelayanan kepada masyarakat akan jauh lebih baik. Tentu dengan kerjasama semua ASN di lingkup Pemkab Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *