ASN Diingatkan Jaga Netralitas Jelang Pilgub NTB

Sumbawa, PSnews – Seluruh ASN lingkup Pemkab Sumbawa diingatkan untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2018. Apalagi saat ini berbagai tahapan Pilgub sudah mulai berjalan. ‘’Kepada jajaran Aparatur Sipil Negara, saya menghimbau agar senantiasa menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilgub. Saya berharap agar ASN tidak melibatkan diri, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan politik praktis, dan tetap fokus pada tugas pokok dan fungsinya masing-masing dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,’’ kata Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda – H Rasyidi pada upacara Peringatan HUT ke-59 Provinsi NTB yang dirangkai dengan Peringatan Hari Bela Negara, Hari Nusantara Tahun 2017, dan Gelar Siaga Darurat Bencana pada Senin (18/12/2017) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa.

Selain itu, Pemda juga meminta masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub mendatang dengan sebaik-baiknya, jangan ada yang golput. Karena satu suara akan sangat menentukan masa depan daerah kedepannya. ‘’Seluruh rangkaian proses Pilkada harus berjalan dengan demokratis, aman, damai dan lancar, dan pembangunan yang sudah dan sedang berjalan, jangan sampai terganggu, dengan terus memperkuat ikhtiar dan kebersamaan, dalam mewujudkan Nusa Tenggara Barat yang semakin baik,’’ tuturnya.

Terkait perayaan HUT NTB, disampaikan kalau dalam sepuluh tahun terakhir pembangunan daerah, kondisi ekonomi NTB secara kumulatif mengalami pertumbuhan yang cukup positif. Sampai dengan tahun 2017, tingkat pengangguran terbuka di NTB menembus 3,32 persen. Jauh lebih baik dibanding rata-rata tingkat pengangguran secara nasional yang berada pada angka 5,50 persen. Dan NTB merupakan Provinsi dengan angka pengangguran terendah ke-6 dari 33 Provinsi se-Indonesia. Sementara untuk penurunan angka kemiskinan di NTB, pada tahun 2008 jumlah penduduk miskin sebanyak 1.080.610 jiwa. Sampai tahun 2016 jumlah tersebut berhasil diturunkan menjadi 786.580 jiwa.

Sedangkan dari sisi kinerja Bidang Kesehatan, NTB berhasil mencatat cakupan persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan profesional mencapai angka 95 persen, sehingga berdampak pada penurunan angka kematian ibu dan anak, termasuk juga cakupan imunisasi lengkap yang semakin meningkat, sehingga mempengaruhi peningkatan angka harapan hidup masyarakat NTB. Begitu juga di bidang pendidikan, kita telah berhasil mendorong peningkatan angka partisipasi sekolah,  meningkatkan rata-rata lama sekolah, dan meningkatkan angka melek huruf. Dampak kemajuan yang dicapai dari kedua bidang tersebut sangat penting untuk meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) NTB. ‘’Disamping pencapaian kinerja program pembangunan, kita juga telah berhasil memperbaiki dan meningkatkan tata kelola pemerintahan menuju pemerintahan yang lebih transparan, efektif dan akuntabel. Sama seperti Kabupaten Sumbawa, keberhasilan Provinsi NTB meraih predikat WTP dalam pengelolaan keuangan daerah selama enam kali berturut turut merupakan salah satu wujud semakin membaiknya sistem tata kelola pemerintahan kita,’’ tandasnya.

Terkait dengan peringatan Hari Bela Negara yang diperingati setiap 19 Desember, seluruh masyarakat Sumbawa diajak untuk terus memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan serta membangun komitmen bersama untuk terus mengabdi bagi kemajuan bangsa, dan negara sebagai bentuk bela negara yang dilakukan melalui profesi masing-masing. Kemudian terkait peringatan Hari Nusantara Tahun 2017 yang diperingati setiap tanggal 13 Desember, Bupati berharap lebih mengedepankan kerja bersama dan mulai fokus pada pembangunan kelautan. ‘’Selama ini kita memunggungi laut sekarang sudah waktunya kita melihat laut sebagai poros dunia, dengan penguasaan teknologi dan peningkatan kemampuan sdm yang ada,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *