Jumlah Desa Tangguh Bencana di Sumbawa Ditambah

Sumbawa, PSnews – Hingga saat ini, sebanyak enam desa tangguh bencana sudah terbentuk di Kabupaten Sumbawa. Terbentuknya desa tangguh bencana ini dianggap bagus. Sehingga kedepan ada rencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa untuk menambah jumlah desa tangguh bencana. Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Sumbawa – Zainal Abidin kepada media ini. Sejauh ini di tiga kecamatan yakni Lopok, Moyo Utara dan Alas sudah dibentuk desa tangguh bencana. Para anggotanya dibekali pelatihan agar siap menghadapi berbagai macam bencana yang melanda wilayahnya. “Peran anggota sejauh ini bagus. Mereka bisa mandiri dalam penanggulangan bencana. Seperti kejadian di Alas kemarin, begitu telah terbentuk desa tangguh bencana ini, kemudian dilakukan pelatihan bagi anggota, tidak berapa lama terjadi bencana. Mereka langsung bekerja sesuai dengan yang telah kita berikan pelatihan. Mereka bisa menggerakkan masyarakat untuk melakukan penanganan terhadap bencana tersebut,’’ paparnya.

Terhadap keberadaan para anggota di desa tangguh bencana yang sudah dibentuk, Pemda hanya memberikan bantuan alat komunikasi. Untuk mempermudah dalam berkoordinasi dan komunikasi di lapangan. ‘’Mereka tidak diberikan anggaran dari Pemerintah. Disini mereka membentuk sebuah kelompok, dan mereka membentuk semacam koperasi. Dari situlah mendapatkan apa yang menjadi keperluan mereka dalam menunjang tugas di lapangan,’’ jelasnya.

Menurutnya, tiap tahun Pemda rencanakan membentuk desa tangguh bencana. Tahun ini dilakukan pengembangan dari desa tangguh bencana yang telah dibentuk. Sehingga pelatihan terhadap anggota kelompok tetap dilakukan. Untuk tahun 2018, pihaknya sedang menyusun proposal untuk pembentukan desa tangguh bencana di kecamatan lainnya. Karena dari beberapa desa yang sudah dibentuk, sangat dirasakan manfaatnya cukup baik bagi masyarakat. “Dari yang sudah terbentuk itu dirasakan sudah bagus. Mereka bergerak dalam bentuk bencana apapun. Membantu kita memberikan informasi, mengevakuasi masyarakat yang terkena dampak bencana,’’ demikian Zainal Abidin. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *