TP4D Terima Aduan PPK Soal Dugaan Intervensi Proyek

Sumbawa, PSnews – Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) bersama Pemkab Sumbawa menggelar pertemuan, dengan menghadirkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Sumbawa. Dalam pertemuan itu, Ketua TP4D – Erwin Indrapraja SH MH, mendapatkan laporan dari sejumlah PPK terkait adanya dugaan intervensi paket proyek dari pihak tertentu.

‘’Kegiatan ini permintaan dari Pak Bupati, apalagi hasil evaluasi kemarin serapan anggaran tidak maksimal. Sehingga karena ini merupakan monitoring kita semua, maka kita mencoba cari solusi, apa permasalahan yang ada, apa kendalanya sehingga menyebabkan pembangunan tidak berjalan. Dan juga adanya beberapa PPK yang melapor bahwa adanya tekanan mereka dalam melaksanakan tugas. Sehingga dia tidak maksimal dalam bekerja,’’ terangnya kepada media ini usai pertemuan di aula Madilaoe ADT lantai III kantor Bupati Sumbawa Kamis (4/5/2017).

Erwin yang juga Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Sumbawa menjelaskan, indikasi intevensi disini salah satunya adanya pihak yang diduga menekan PPK, meminta suatu paket proyek agar diberikan ke pihak tertentu. Selain itu, ada pula dugaan jual beli proyek yang juga dilaporkan ke Inspektorat dan Kejaksaan. ‘’Kita kupas dalam pertemuan, apa permasalahan yang dihadapi. Salah atunya ada intervensi itu,’’ tukasnya, tanpa menyebutkan pihak mana saja yang diduga melakukan intervensi tesebut.

Dikatakan, dari hasil pertemuan ini akan dilaporkan ke Pimpinan dalam hal ini Kajari Sumbawa. Kemudian dilakukan pengkajian, untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut. ‘’Makanya dari hasil ini nanti saya lapor ke pimpinan, kalau kiranya ada melibatkan pihak terkait, kita selesaikan disitu,’’ tandasnya.

Bahkan dalam pertemuan itu, Erwin juga menyarankan agar PPK yang diduga mendapat intervensi pihak lain dapat meminta pendapat maupun pendampingan hukum ke Kejaksaan. ‘’Kami siap memberikan pendampingan hukum. Kebiasaan yang tidak baik, menyalahi aturan, jangan terus dibiasakan. Dengan adanya TP4D, kita harus rubah image buruk itu,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *