HUT Damkar ke-98, Sumbawa Masih Kekurangan Armada

Sumbawa, PSnews – Tepat pada 1 Maret 2017, Pemadam Kebakaran (Damkar) di seluruh Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-98. Perayaan ini nampaknya dijadikan momentum bagi Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam berupaya memenuhi kebutuhan fasilitas yang diperlukan dalam menanggulangi insiden kebakaran. Salah satu kendala yang dihadapi Damkar Sumbawa adalah masih kurangnya armada. Hal itu bila dilihat dari luasnya jangkauan yang harus dilayani oleh petugas Damkar setempat.

Perayaan HUT Damkar dilakukan melalui upacara yang digelar di halaman Kantor Bupati Sumbawa pada Jumat (17/3/2017). Pimpinan upacara, Sekda Sumbawa- Rasyidi, mewakili Bupati mengatakan, sejak tahun 1919, petugas pemadam kebakaran dalam melaksanakan tugasnya juga melakukan penyelamatan jiwa serta harta benda masyarakat, baik pada waktu kejadian kebakaran maupun bencana lainnya dan siap melayani panggilan masyarakat, untuk melakukan pertolongan keselamatan jiwa manusia. Seperti pada kejadian bencana banjir di Kabupaten Sumbawa pada awal hingga pertengahan Februari 2017 lalu. Petugas pemadam kebakaran juga hadir memberikan pelayanan kepada masyarakat, membantu mengevakuasi warga yang terkena dampak, juga turut menyelamatkan barang harta benda warga yang bisa dievakuasi. “Mereka juga turun saat banjir kemarin,’’ terangnya.

Kondisi mobil Damkar Sumbawa

Terhadap fasilitas yang dimiliki, keberadaan mobil pemadam kebakaran di Kabupaten Sumbawa masih minim. Saat ini terdapat 8 unit mobil Damkar, dimana 4 unit dalam kondisi baik, 3 unit dalam kondisi rusak ringan dan 1 unit dalam kondisi rusak berat. “Tentu semua berharap agar kejadian kebakaran di daerah semakin lama, semakin berkurang. Sehingga akan ikut mendorong keberhasilan pembangunan di Kabupaten Sumbawa,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *