Imigrasi Temukan Banyak Nomor KTP Ganda

Sumbawa, Psnews – Meski pemerintah telah menerapkan iKTP, tapi praktik pemalsuan identitas diri tersebut masih saja terjadi di Sumbawa. Buktinya pihak Imigrasi Kelas II Sumbawa masih menemukan banyak penggunaan nomor KTP ganda. Terutama saat mengurus pengajuan pembuatan passport masyarakat yang hendak ke luar negeri.

Sebagaimana diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Sumbawa Syahrifullah kepada media ini Selasa (15/03/2016), bahwa proses pembuatan passport hampir setiap hari dilakukan di kantornya. Dan hampir setiap hari pula ditemukan nomor KTP ganda. ‘’Kami temukan itu hampir sertiap hari. Ada satu, dua, tiga nomor KTP yang kami temukan itu identitasnya sama,’’ ungkapnya.

Menurut Syahrif – panggilan akrabnya, pihaknya tidak bisa memastikan apakah dokumen tersebut asli atau tidak, sebab harus dicek terlebih dahulu ke Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil di masing-masing daerah. Pasalnya Kantor Imigrasi Kelas II Sumbawa ini melayani seluruh daerah di Pulau Sumbawa. Bahkan warga dari Lombok Timur pun juga ada yang mengurus passport di Sumbawa. “Untuk memastikan keaslian dokumen itu. Kami langsung ajukan ke Dukcapil,’’ tandasnya.

Dalam hal ini, ketika diketahui nomor KTP yang diajukan tersebut benar ganda, maka akan diproses hukum. Tentunya pihak Imigrasi berkoordinasi dengan Polres daerah asal dokumen itu diterbitkan. Selain itu, persoalan ini juga bisa ditangani langsung oleh Penyidik PNS (PPNS) di Imigrasi sendiri. ‘’Kalau betul palsu, kami tidak akan menerbitkan passportnya. Begitu pula terhadap yang perpanjangan, juga kami tolak ketika terbukti menggunakan dokumen palsu,’’ demikian Syahrif. (gunk)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *